Cara Mendidik Anak 6 Tahun Yang Tepat

Cara Mendidik Anak 6 Tahun Yang Tepat

Cara mendidik anak 6 tahun – Anak adalah salah satu anugrah terindah dari Tuhan, setiap anak yang terlahir ke dunia ini pasti ada tujuannya masing masing, dan kewajiban kita sebagai orang tua adalah mengarahkan mereka agar bisa lebih baik dari hari ke hari

Usia 6 tahun adalah usia yang sangat penting, karena pada usia tersebut telah melalui masa Golden Age, rentan usia 1 – 5 tahun dimana perkembangan tumbuh kembang otak pada anak terjadi sangat cepat sehingga mereka bisa belajar lebih cepat pada usia usia tersebut.

Setelah melewati masa masa Golden Age maka pada usia  tahun ini mereka akan memiliki kecenderungan untuk memperkenalkan karakter mereka, hal apa yang mereka sukai dan apa saja yang ingin mereka pelajari, maka kita harus membimbing mereka dengan hal hal berikut ini :

Berikut cara mendidik anak 6 tahun

Ajari terkait konsistensi

Ketika sudah menginjak usia 6 tahun sang anak sudah mulai mengenali hal hal yang mereka sukai karena pada masa Golden Age perkembangan otak sangat cepat sehingga bisa mempelajari berbagai hal, dan pada usia 6 tahun ini mereka akan menekuni apa yang menjadi kesukaan mereka. Sebagai orang tua yang baik jangan sampai kita lengah oleh waktu ya! Tetap awasi anak dan pastikan mereka bisa mempelajari apa yang mereka sukai dan ajari untuk konsisten terhadap suatu tersebut agar bisa membantu mereka bertumbuh dengan baik ya! Ketika anak udah beranjak masuk ke usia balita, anda perlu untuk memperhatikan perkembangan anak menurut usianya.

Memberikan contoh yang baik

Pemberian contoh kepada anak ini sangat penting, karena mereka akan menirukan apa yang dilakukan orang terdekatnya seperti orang tua, kerabat, tetangga atau siapapun itu yang ada di lingkungan mereka. Sebagai orang tua yang baik kita harus memberikan contoh kepada mereka untuk melakukan hal hal yang mereka sukai.

Memberikan arahan benar atau salah

Setelah melalui masa masa Golden Age pada usia 6 tahun ini kita harus tegas kepada anak, memperkenalkan mereka hal hal yang salah atau benar, kita harus melatih pola pikir mereka dengan cara berdiskusi dengan mereka. Sebelum kita memperkenalkan salah atau benar akan suatu hal kita harus mendengarkan sudut pandang anak kita, setelah itu kita baru mengutarakan pendapat kita dan berdiskusi kesimpulan nya benar atau salah sih, karena mendengarkan pendapat orang lain itu penting loh! Termasuk anak kita sendiri pendapatnya juga harus didengarkan, ayo jadi orang tua yang supportif

Memperkenalkan cara berinteraksi dengan orang lain yang baik dan benar

Selain hal hal yang berkaitan dengan bakat dan minat kita harus mulai memperkenalkan sikap yang baik ketika berinteraksi dengan orang lain, hal tersebut perlu dilakukan untuk melatih mereka bersosialisasi dengan orang sekitar. Hal dasar yang perlu dilakukan adalah bagaimana cara meminta tolong, berterimakasih dan mengucap kata maaf. Sebelum kita mendidik mereka dengan cara seperti itu pastikan di lingkungan rumah dengan si kecil juga sudah diberikan contoh hal hal semacam itu ya! Pastikan kita memberikan contoh yang baik terlebih dahulu baru bisa mengenalkan kepada si kecil

Selain memberikan pelajaran kepada si kecil jangan lupa kita sebagai orang tua harus sering belajar juga ya, setidaknya menyisihkan waktu 1 jam ditengah tengah kesibukan kita untuk belajar cara mendidik anak dengan baik, berinteraksi dengan mereka atau hal hal yang bisa membantu kita untuk mendampingi anak sampai mereka menemukan versi terbaik mereka, jangan patah semangat tetap semangat ya para orang tua.

Leave a Comment