Keindahan Wisata Curug Sewu Tawangmangu yang Penuh Pesona

Keindahan Wisata Curug Sewu Tawangmangu yang Penuh Pesona

Tempat Wisata Curug Sewu Tawangmangu merupakan salah satu wisata alam yang menawarkan keindahan air terjun. Lokasi Curug Sewu ini letaknya di daerah Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Wisata alam yang ada di kawasan lereng Gunung Lawu hanya satu dari segudang tempat wisata di Tawangmangu.
Tidak dapat dipungkiri, pesona curug sewu memang mempunyai daya tarik bagi para pengunjung. Namun demikian, banyak cerita mitos dan sejarah Curug sewu yang berkembang, terutama di masyarakat sekitar Tawangmangu. Hal yang wajar mengingat bahwa kawasan ini berada di antara hutan belantara.

Beberapa Cerita Mitos dan Sejarah Wisata Curug Sewu Tawangmangu

Sebagaimana tempat wisata pada umumnya, keindahan Curug Sewu juga tidak lepas dari cerita mitos dan sejarah yang melatarbelakangi berdirinya tempat wisata ini. Berikut ulasannya:

Cerita Mitos Wisata Curug Sewu

Beberapa mitos yang berkembang tentang Curug Sewu Tawangmangu antara lain berkaitan dengan jembatan yang ada di tempat ini. Mitos yang beredar yaitu barangsiapa melewati jembatan tersebut terutama sepasang kekasih, dipercaya akan berpisah atau putus. Namun demikian, jembatan tersebut tetap menjadi spot foto menarik bagi pengunjung terutama para instagramer. Sehingga keyakinan soal mitos tersebut tergantung pada pribadi masing-masing pengunjung.

Sejarah Wisata Curug Sewu

Sejarah berdirinya curug sewu sebagaimana namanya, curug yaitu air terjun, sedangkan sewu artinya seribu. Namun demikian, nama curug sewu bukan berarti benar ada 1000 air terjun atau curug. Hanya terdapat beberapa titik air terjun saja, namun kebiasaan masyarakat menjadi faktor sejarah nama curug sewu.
Selain itu, makna kata “sewu” pada nama wisata Curug sewu bukan hanya berarti seribu. Sewu juga dapat berarti satuan jarak yaitu seribu pecak atau jengkal. Yang mana satu pecak, memiliki nilai yang sama dengan satu telapak kaki dewasa. Tinggi daripada curug sewu yaitu hampir 81 m.

Lokasi dan Jalur Curug Sewu

Lokasi dan jalur wisata Curug Sewu Tawangmangu adalah di Kecamatan Tawangmangu. Tepatnya di Kabupaten Karanganyar, Provinsi Jawa Tengah. Tempat ini memiliki luas hampir 20 hektar dengan ditumbuhi berbagai jenis tumbuhan serta satwa yang lumayan jinak yaitu kera. Untuk sampai di kawasan ini, pengunjung dapat mengendarai kendaraan pribadi maupun umum. Selain mudah, akses menuju tempat wisata ini.

Kegiatan yang Dapat Dilakukan Di Curug Sewu

Berenang

Salah satu kegiatan yang dapat dilakukan di Curug Sewu antara lain adalah berenang. Terdapat batuan cekung yang mana tempat ini biasa digunakan untuk berenang cekungan ini aman karena tidak terlalu tepat dan dekat dengan air terjun. Selain aman, segarnya air terjun yang mengalir dapat mengobati rasa lelah.

Outbound

Kegiatan lain yang dapat dilakukan di curug sewu selain berenang adalah outbound. Disini, pengunjung akan ditawari dengan fasilitas flying fox dan mini rifting. Bagi pengunjung yang minat melakukan kegiatan ini tentu saja harus dalam keadaan fit.

Berinteraksi dengan Hewan Kera

Selain outbound dan berenang, pengunjung juga akan dimanjakan dengan pemandangan unik yaitu berinteraksi dengan kera dan ini sangat disukai pengunjung. Setelah masuk kawasan, pengunjung akan melihat kawanan kera yang bergelantungan di pohon-pohon. Meskipun tampak seperti hewan jinak, pengunjung harus lebih berhati-hati karena hewan ini suka mengambil makanan yang dibawa pengunjung secara paksa.

Kuliner Khas Lokal

Pengunjung Curug Sewu, tidak hanya dapat melakukan kegiatan-kegiatan di atas. Pengunjung wisata Curug Sewu dapat menikmati kuliner di kawasan ini. Salah satu kuliner khas kawasan ini adalah sate kelinci. Pengunjung dapat menyantap sambil menikmati keindahan air terjun di Curug Sewu Tawangmangu.

Leave a Comment